Lensa Tele: Ukuran, Rekomendasi, dan Harga Terbaik

Lensa tele adalah lensa yang biasa digunakan oleh para fotografer untuk memotret objek yang memiliki jarak cukup jauh. Memotret jarak jauh berpotensi membuat objek foto terlihat blur atau tidak fokus. Sehingga penggunaan lensa tele atau lensa zoom sangat penting.

Lensa ini memiliki ukuran yang bervariasi. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada beberapa merek yang biasa digunakan oleh fotografer untuk mempermudah kegiatan memotretnya. Salah satu yang cukup populer adalah lensa canon. Ada juga keluaran sigma, nikon, dan lain sebagainya. Semuanya memiliki spesifikasi yang beragam.

Apa yang dimaksud dengan lensa tele? Berapa ukurannya? Berapa harganya? Apa rekomendasi lensa terbaik? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini, ya!

1. Pengertian

Apa itu lensa tele?

Lensa tele adalah lensa yang digunakan untuk memotret dengan jarak fokus tertentu yang bisa diubah-ubah.

Fungsi lensa ini adalah membantu fotografer untuk tetap mendapat titik fokus meski memotret dari jarak fokus tertentu, sesuai kebutuhan tanpa harus berganti posisi. Anda juga tidak perlu bergonta-ganti lensa, karena cukup satu lensa saja Anda sudah bisa memotret dengan jarak fokus yang Anda inginkan. Jadi sangat fleksibel untuk digunakan.

Lensa ini memiliki memiliki ukuran yang cukup besar dan agak berat. Jadi untuk penggunaan yang lebih nyaman, Anda bisa menggunakan tripod.

Lensa tele biasa disebut juga sebagai lensa zoom. Hal ini karena Anda bisa mengatur agar objek tampak lebih besar atau kecil dengan mudah.

Untuk mengatur jarak fokus yang Anda inginkan, Anda hanya perlu memutar ring tele pada lensa.

2. Ukuran Lensa Tele

Lensa Tele
Lensa Tele (radiowebindo.com)

Ukuran lensa tele ada bermacam-macam. Beberapa ukuran yang biasa digunakan adalah:

2.1 Focal Length 70-200mm f/2.8

Lensa ini bisa digunakan oleh siapa saja. Lensa ini memiliki bukaan besar sehingga sangat cocok untuk memotret gambar dengan latar belakang blur atau yang memiliki intensitas cahaya kurang baik.

2.2 Focal Length 70-200mm f/4

Lensa 70-200mm f/4 bisa dijadikan alternatif pengganti lensa 70-200mm f/2.8 karena memiliki fitur yang hampir sama. Bedaya pada lensa ini kehilangan 1 stop cahaya. Sehingga Anda perlu meningkatkan ISO 2 kali lipat agar hasilnya tetap maksimal.

2.3 Focal Length 70-300mm dan 500mm Variable Aperture

Lensa ini memiliki jangkauan lebih panjang, sehingga bisa menjangkau objek lebih jauh. Lensa ini sangat cocok untuk memotret kegiatan olahraga dan satwa liar. Untuk kegiatan olahraga, focal length yang diperlukan untuk olahraga indoor dan outdoor berbeda. Anda memerlukan lensa tele dengan ukuran 70-300mm. Sedangkan untuk olahraga outdoor, Anda bisa menggunakan ukuran sampai 500mm.

2.4 Focal Length 100-400mm Variable Aperture

Lensa 100-400mm adalah lensa yang dirancang khusus untuk fotografer di bidang olahraga dan satwa liar yang sudah profesional. Dilengkapi fitur autofocus dan image stabilization yang tinggi, sehingga menghasilkan gambar yang maksimal dan lebih tajam. Lensa ini mampu menjangkau objek yang sangat jauh, sehingga cocok untuk memotret burung dan objek berbahaya seperti harimau.

2.5 Focal Length 400-800mm

Lensa 400-800mm ini sangat cocok digunakan untuk memotret objek jarak jauh seperti burung liar.

3. Rekomendasi Lensa Tele Terbaik 2021

Sebelum membeli lensa ini, pastikan Anda sudah mengetahui lensa yang Anda butuhkan. Berikut ini adalah rekomendasi lensa  terbaik yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

3.1 Canon 75-300mm F3.5-5.6

Rekomendasi lensa tele terbaik yang pertama adalah lensa Canon dengan panjang 75-300mm dan aperture F3.5-5.6. Lensa Canon 75-300mm F3.5-5.6 memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Sangat cocok untuk digunakan sehari-hari. Sudah memiliki auto fokus dan jangkauan fokus nya pun cukup jauh.

Harga lensa ini cukup terjangkau, yaitu Rp2,3 jutaan.

3.2 Canon EF 100-400mm f/4.5-5.6L IS USM

Lensa ini memiliki desain dudukan tripod dan sangat cocok digunakan menggunakan tripod, karena tidak perlu bongkar pasang dari kamera saat menggunakannya.

Selain itu, ada fitur fluorite dan super UD lens element, Image stabilization dan Optical Image Stabilizer yang menjadikan lensa ini mampu memberikan hasil yang maksimal dengan kontras dan resolusi yang tinggi.

Jika Anda tertarik dengan lensa tele ini, Anda bisa membelinya dengan harga Rp28,3 jutaan.

3.3 Tamron SP 150-600mm f/5-6.3 Di VC USD

Lensa tele dengan jarak fokus 150-600mm ini memungkinkan Anda memotret dari jarak yang beragam. Dilengkapi fitur VC (Vibration Compensation) dan USD (Ultrasonic Silent Drive) yang bisa memotret objek bergerak dengan hasil yang tetap maksimal. Selain itu, adanya eBAND Coating dan BBAR (Broad-Band Anti-Reflection) Coating akan membuat hasil foto Anda bebas flare dan ghosting.

Karena memiliki jarak fokus yang panjang, lensa ini bisa digunakan untuk memotret satwa liar, pemandangan, portrait, dan juga olahraga.

Lensa ini yang tergolong multifungsi ini perlu Anda pertimbangkan, karena memiliki harga yang sangat ekonomis.

Anda sudah bisa membelinya dengan harga Rp16,5 juta saja.

3.4 Nikon AF-S Nikkor 70-200mm f/2.8E FL ED VR

Lensa tele yang selanjutnya adalah lensa dari merek Nikon. Lensa ini bisa Anda gunakan untuk memotret berbagai objek seperti satwa liar, acara konser, wedding baik indoor maupun outdoor.

Nikon AF-S Nikkor 70-200mm f/2.8E FL ED VR sudah dilengkapi dengan fitur weather sealing design, dust resistance dan water drop resistance. Jadi bisa Anda bawa dan gunakan dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, lensa ini juga memungkinkan Anda mengambil gambar dalam keadaan backlit. Dengan adanya fitur HRI (High Refractive Index), 6 ED glass dan Nano Crystal Coat, gambar yang Anda hasilkan akan tetap jernih dan tajam.

Untuk harga lensa ini adalah Rp36,6 jutaan.

3.5 Nikon AF-S Nikkor 200-500mm f/5.6E ED VR

Masih bagian dari Nikon, lensa tele yang memiliki panjang fokus 200-500mm dengan aperture f/5.5E sangat cocok digunakan untuk memotret momen penting tertentu yang harus dilakukan dengan cepat.

Kelebihan lensa ini adalah lensa nya stabil dan cepat fokus terhadap objek yang akan difoto. Hal ini karena adanya fitur VR (Vibration Reduction) dan SMW (Silent Wave Motor). Apalagi jika Anda mengaktifkan mode sport, maka VR akan bekerja lebih maksimal.

Lensa tele ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp18,8 juta.

3.6 Sigma 150-600mm f/5-6.3 DG OS HSM

Lensa tele buatan sigma ini sudah dilengkapi fitur image stabilization, Optical Stabilizer, Accelerometer dan HSM autofocus. Fitur yang sangat mumpuni untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan fitur-fitur yang tersedia, Anda bisa memotret objek yang beragam, seperti satwa liar dan kegiatan olahraga dengan hasil paling maksimal.

Untuk menikmati semua fitur di atas, Anda bisa menyiapkan dana sekitar Rp16 jutaan.

3.7 Sigma 50-500mm f/4.5-6.3 APO DG OS HSM

Lensa tele yang memiliki panjang fokus 50-500mm memberi kemudahan kepada Anda untuk mengambil gambar dengan jarak tertentu. Lensa ini akan memberikan hasil yang maksimal meski memotret dari jarak dekat maupun jauh.

Anda bisa melakukan zoom hingga 10x menggunakan lensa ini.

Ditambah fitur 4 SLD (Super Low Dispersion) glass dan Multi-Layer Coating membuat lensa ini minim ghosting dan flare. Jadi gambar yang dihasilkan tetap jelas dan detail meski pengambilannya di zoom.

Untuk harga lensa ini adalah kisaran Rp21 jutaan.

3.8 Nikon AF-S NIKKOR 80-400mm f/4.5-5.6 G ED VR

Lensa zoom buatan Nikon selanjutnya memiliki panjang fokus 80-400mm. Jarak yang cukup baik untuk memotret objek dengan hasil yang maksimal.

Lensa ini sudah dilengkapi fitur SWM yang akan membuat lensa ini autofocus dan hening dengan sangat cepat. Ditambah fitur ED glass yang akan membuat kontras pada setiap foto menjadi lebih jelas.

Lensa tele dengan aperture f/4.5-5.6 ini memiliki pengaturan fokus yang sangat fleksibel, yaitu adanya mode A/M (Auto Priority Manual Mode) dan M/A. Jadi mempermudah Anda saat berpindah mode dari auto ke manual.

Harga yang di banderol pun sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan, yaitu sekitar Rp37 jutaan.

 

Penggunaan lensa tele memang sangat penting untuk menunjang hasil yang maksimal. Setelah mengetahui kebutuhan lensa Anda. Semoga rekomendasi lensa tele terbaik di atas bisa membantu Anda memilih lensa tele yang tepat.

Tinggalkan komentar