Candid: Pengertian dan Tips Pengambilan Foto

Candid adalah teknik fotografi yang memungkinkan Anda mengambil gambar objek tanpa pengetahuan objek terkait.

Biasanya teknik ini dilakukan secara tiba-tiba sehingga terkesan natural. Tentu ada kalanya juga gaya foto candid diwujudkan melalui perencanaan dan arahan.

Apa sebenarnya candid? Terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat memilih mengambil gambar objek secara candid. Apa sajakah itu? Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya!

Pengertian Candid

candid

Candid merupakan teknik fotografi populer yang umumnya dipakai oleh paparazzi saat berburu informasi terbaru publik figur. Seiring berjalannya waktu, penggunaan teknik memotret ini semakin luas dan dapat Anda temukan di banyak akun pengguna sosial media.

1. Candid Menurut KBBI

Candid mengacu pada istilah yang menunjukkan keaslian suatu objek gambar dalam konteks fotografi. Foto yang dihasilkan berupa pose tanpa melibatkan kesadaran objek yang ingin dipotret.

Kapan dan di mana fotografer akan mengambil gambar biasanya tidak diketahui oleh objek foto. Contohnya seperti foto aktor tanpa melihat ke arah kamera ketika sedang di bandara. Pose yang demikian menciptakan hasil potret lebih natural sesuai dengan kondisi hati objek.

2. Candid Menurut Kamus Oxford

Candid adalah hasil fotografi yang diambil tanpa sepengetahuan objek terkait. Objek di dalam foto tersebut tidak mengetahui di mana, kapan, dan oleh siapa dia dipotret. Tentu saja bukan berarti fotografer hanya asal potret, semua memiliki teknik khusus agar hasilnya bagus.

Tujuan utama dalam foto candid yaitu menangkap tingkah laku sekaligus ekspresi wajah objek. Butuh keahlian khusus untuk bisa melakukan hal ini, terutama karena si objek tidak menyadari ketika dirinya difoto.

Tips dan Trik Foto Candid

Foto-candid

Candid merupakan teknik fotografi yang diambil dengan menangkap momen terbaik dari suatu objek, seperti ekspresi wajah, tingkah laku, atau bahkan insiden lucu. Foto candid ini diharapkan memuat cerita yang menarik sehingga untuk mewujudkannya tidak boleh sembarangan.

1. Bersiaplah dengan Kamera

Anda perlu menyiapkan kamera agar sewaktu-waktu dapat menangkap momen menarik dari objek tertentu.

Hal ini karena Anda tidak pernah tahu kapan dan di mana akan bertemu dengan objek foto yang berkesan.

Menyiapkan kamera adalah langkah tepat agar Anda tidak ketinggalan momen. Pastikan pula bahwa kamera yang dibawa bisa digunakan dengan optimal.

2. Matikan Flash

Candid adalah gaya foto yang tidak melibatkan kesadaran objek saat proses pengambilan gambar dilakukan.

Menghidupkan flash kamera Anda hanya akan membuat objek sadar ketika difoto dan membuat ekspresi atau tingkah laku objek menjadi tidak natural lagi.

Sebaiknya atur juga ISO agar intensitas cahaya yang ditangkap kamera Anda tetap tampak jelas. Tujuannya agar hasil foto Anda terlihat epik meskipun tanpa flash dalam kondisi minim cahaya.

3. Cari Posisi yang Tepat

Ingatlah bahwa Anda tidak dapat mengatur posisi objek. Anda sendiri yang harus memposisikan diri dengan baik agar mampu menangkap momen secara maksimal. Carilah sudut yang pas sebelum memotret objek.

Candid merupakan teknik fotografi yang mengharuskan Anda bergerak lebih fleksibel. Sudut pengambilan gambar yang bagus tidak akan muncul dengan sendirinya, Anda perlu usaha untuk mewujudkan hasil foto terbaik.

 

Candid adalah teknik memotret yang perlu dilakukan berulang kali untuk membuat Anda mahir. Awalnya barangkali hasil potret Anda kurang menarik, jadi Anda harus tetap belajar dan mencoba mengambil foto candid.

 

Referensi:

Arti Candid dalam Fotografi Disertai Tips Lengkap Cara Memotret Candid

https://www.gramedia.com/literasi/candid-adalah/amp/

Candid Adalah : Pengertian dan Contohnya

Tinggalkan komentar